Air Terjun Piala Luwuk Bertingkat dan Berwarna Hijau

by Tim Redaksi
0 comment

LUWUK – Kota Luwuk selalu mempesona. Selain pantai yang indah, Air terjun Piala juga menjadi magnet para wisatawan lokal dan internasional.

Kota Luwuk berada di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Dari Palu jaraknya lebih kurang 592 kilometer. Waktu tempuh yang dibutuhkan wisatawan jika melewati jalur darat ialah sekitar 15 jam.

Cara lain ke Luwuk yaitu menggunakan jalur udara. Para wisatawan akan lepas landas menggunakan pesawat dari Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu dan mendarat di Bandara Syukuran Aminuddin Amir Luwuk dengan waktu tempuh perjalanan lebih kurang satu jam.

Pesona alam di Luwuk memang jempolan. Selain memiliki pantai yang sangat indah, Luwuk juga menyimpan air terjun piala yang merupakan salah satu magnet wisata.

Dari Kelurahan Hanga-Hanga hanya membutuhkan waktu sekitar 15 sampai dengan 20 menit untuk ke air terjun piala. Tiba di lokasi, wisatawan hanya perlu membayar seikhlasnya untuk tiket masuk.

Air terjun piala di Luwuk. Foto : Janna/soalpalu.com

Saat soalpalu.com berkunjung ke air terjun piala April 2023 lalu, wisatawan perlu berjalan kaki beberapa menit untuk mencapai air terjun tersebut. Kehati-hatian harus ditingkatkan, sebab jalur yang dilalui licin dan berbatu.

Air terjun piala terdiri dari beberapa tingkat. Airnya berwarna hijau jernih, di sekitar air terjun dapat didengar kicauan burung. Wajar saja, karena air terjun piala dikelilingi pepohonan tinggi dan berbagai macam tanaman lainnya.

Selain berswafoto, terlihat pula wisatawan lokal yang mandi di tepi aliran air terjun piala. Tidak terlihat pengunjung yang nekat mandi di tengah aliran air terjun, sebab arusnya yang deras.

Di tempat wisata ini terdapat beberapa pedagang makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Para wisatawan atau pengunjung diharap tidak membuang sampah sembarangan di lokasi air terjun piala. (Janna/Rendy)